Sabtu, 29 Oktober 2011

SAP Mata Kuliah Bahasa Bantu

SAP BAHASA BANTU

1.      Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah       : Bahasa Bantu
Kode Mata Kuliah       : IN…….
Bobot SKS                   : 2
Semester/Jenjang         : 1/S1
Kel. Mata Kuliah         : MKK
Jurusan/Prog. Studi      : Bahasa dan Sastra Indonesia
Status Mata Kuliah       : Wajib
Dosen/Kode Dosen      : Bohri Rahman, M.Pd

2.      Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami hakekat bahasa, menyadari pentingnya kontak bahasa di antara masyarakat pemakai bahasa yang satu dengan yang lain dan dapat mengkaji etimologis suatu bahasa baik dari segi kata maupun sintaksis. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan materi bahasa-bahasa yang memberikan sumbangan dalam perkembangan bahasa Indonesia
3.      Deskripsi Mata Kuliah
Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai sejarah perkembangan bahasa Indonesia, kedudukannya, berbagai rupa bahasa di dunia, dan dalam pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia, serta ikhwal penyerapan kata dari unsur fonologi, morfologi dan sintaksisnya terutama dari B.Arab, B. Inggris dan B.Belanda. Untuk memahami pembahasan tersebut, dalam perkuliahan ini, mahasiswa diperkenalkan suatu rumus tertentu dan bimbingan untuk melakukan penelitian kecil yang bertujuan untuk mengungkapkan unsur-unsur serapan dari seluruh unsur kebahasaannya.
4.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dilakukan melalui berbagai bentuk untuk mendorong mahasiswa agar aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan, yaitu ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemecahan masalah. Adapun rincian pembelajaran adalah:
a.       melaksanakan perkuliahan berupa presentasi dari dosen dengan mengadakan berbagai konsep dan permasalahan yang berkaitan dengan sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan perubahan unsur serapan dari bahasa asing terutama bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Belanada ke dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa merespon dan melakukan tanya jawab.

b.      Membaca bacaan, mahasiswa diharapkan telah membaca bahan bacaan yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
c.       Membuat laporan, mahasiswa membuat laporan perkuliahan berdasarkan materi yang telah disampaikan.
d.      Memberikan presentasi, mahasiswa mempresenatasikan makalah yang disusun oleh kelompok-kelompoknya berdsarakan studi kasus.
e.       Melakukan reviw
f.       Melaksanakan ujian




5.      Organisasi materi Perkuliahan

Perkuliahan
Pengantar Perkuliahan
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia
Morfologi dan Sintaksis Bahasa Arab
Perubahan Unsur Serapan dari Bahasa Arab
Morfologi dan Sintaksis Bahasa Inggris
Pengantar Ikhwal Perubahan unsur Serapan dari Bahasa Inggris
Perubahan Unsur Serapan dari Bahasa Inggris dari segi Fonologi, Morfologi dan Semantiknya
UTS
Studi Kasus
Studi Kasus
Studi Kasus
Presentasi Hasil Studi Kasus di Lapangan
Presentasi Hasil Studi Kasus di Lapangan
Review
Review
UAS
Pertemuan ke-
1
2
3
4
5
6

7
8
9
10
11
12
13
14
15
16

6.      Bentuk Penugasan
Kedudukan tugas dalam mata kuliah ini sebagai penunjang latihan akademik mahaiswa dalam melakukan mini research dengan subjek tunggal (case stuy). Atas dasar itu, mahasiswa dibimbing melakukan penelitian tentang unsur-unsur serapan bahasa baik dari bahasa Asing maupun bahasa Nusantara ke dalam bahasa Indonesia

7.      Evaluasi
Komponen penilaian dalam perkuliahan ini adalah:
a. UAS (35 %)
b. UTS (20 %)
c. Laporan Penelitian (30 %)
d. Kehadiran mengikuti perkuliahan dengan kehadiran minimal 80 % (normatif) (15 %).






1 komentar:

  1. Lucky 15 Casino & Hotel - Mapyro
    Find your perfect blend 군포 출장샵 of fun 삼척 출장안마 and 익산 출장마사지 glamour at Lucky 15 양주 출장안마 Casino & Hotel, Las Vegas. 3.3 mi (5.6 km) from Casino and 부산광역 출장마사지 on the South Strip.

    BalasHapus